Senin, 23 Desember 2013

Teknik Pengkodean (Tugas Komunikasi Data)


TEKNIK PENGKODEAN
Teknik pengkodean merupakan hal yang sangat penting dalam komunikasi data karena pada proses inilah sinyal yang ada diubah ke bentuk tertentu yang dimengerti oleh peralatan tertentu.
Macam-macam teknik pengkodean :
1.      Data digital, sinyal digital
2.      Data digital, sinyal analaog
3.      Data analog, sinyal digital
4.      Data analog, sinyal analog
Berikut adalah penjelasan ke-4 macam teknik pengkodean :
1.      Data digital, sinyal digital
Data digital merupakan data yang memiliki deretan nilai yang berbedah dan memiliki cirri-ciri tersendiri. Salah satu contoh data digital adalah teks, bilangan bulat, dan berbagai karakter lain. Tetapi permasalahannya adalah bahwa data dalam bentuk karakter yang dapat dipahami manusia tersebut tidak dapat langsung ditransmisikan dengan mudah dalam system komunikasi. Data terlebihdahulu harus diubah kedalam bentuk biner. Jadi suatu data digital akan ditransmisikan dalam deretan bit.
2.      Data digital, sinyal analog
Contoh umum transmisi data digital dengan menggunakan sinyal analog adalah Public Telephone Network. Perangkat yang dipakai adalah modem (modulator-demodulator) yang mengubah data digital ke sinyal analog (modulator) dan sebaliknya mengubah sinyal analog menjadi data digital (demodulator)
3.      Data analog, sinyal digital
Proses transformasi data analog ke sinyal digital dikenal sebagai digitalisasi. Tiga hal yang paling umum terjadi setelah proses digitalisasi :
a)      Data digital dapat ditransmisikan menggunakan NRZ-L
b)      Data digital dapat diandaikan sebagai sinyal digital memakai kode selain NRZ-L. Dengan demikian diperlukan tahapan tambahan.
c)      Data digital dapat diubah menjadi sinyal analog menggunakan suatu teknik modulasi.
4.      Data anakog, sinyal analog
Dua alasan dasar proses ini :
a)      Diperlukan frekuensi yang tinggi untuk transmisi yang efektif, untuk transmisi yang taj-tertuntun hal itu tidak mungkin untuk mentransmisikan sinyal base band.
b)      Antenna yang diperlukan akan menjadi beberapa kilometer diameternya. Modulasi mendukung frekuency-division multiplxing.

Sumber Dari : Komunikasi data / Dony Ariyus & Rum Andry K.R;  
                    Jaringan komputer/ Jonatan Lukas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar